About

Membangun Brand Image Sarana Penetrasi Pasar

2008121210

Walaupun sudah banyak success story mengenai keberhasilan seorang pengusaha dalam meniti usahanya melalui upaya penciptaan merek produk yang dihasilkannya, namun masih banyak kalangan pengusaha di dalam negeri yang sampai kini belum menyadari mengenai pentingnya membangun merek sebagai sarana untuk melakukan penetrasi pasar.

Padahal upaya membangun merek ini sebetulnya tidak terlalu sulit dilakukan dan tidak selalu membutuhkan dana promosi yang besar. Asalkan pengusaha melakukannya secara sungguh-sungguh dan konsisten dengan mutu produk yang dihasilkan. Sebab sekali merek ini dibangun maka merek tersebut akan terus menempel sebagai identitas sekaligus menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan.

Mengenai upaya membangun merek ini PT Santos Jaya Abadi memiliki pengalaman yang menarik dengan produk kopi bubuknya yang diberi merek ‘Kapal Api’. PT Santos Jaya Abadi didirikan oleh Go Soe Lot di Surabaya pada tahun 1927 dengan kopi bubuk sebagai produk utamanya. Kegiatan usaha PT Santos Jaya Abadi terus berkembang sehubungan dengan makin meningkatnya permintaan kopi bubuk di Surabaya dan sekitarnya.

Namun sejalan dengan makin meningkatnya permintaan pasar dan banyak bermunculannya perusahaan-perusahaan kopi bubuk lain, PT Santos Jaya Abadi mulai mengantisipasi perkembangan pasar tersebut dengan menggunakan merek ‘Kapal Api’ sebagai upaya untuk mempertahankan identitas dan kualitas produk kopi bubuk yang dihasilkan. Merek ‘Kapal Api’ ini dipilih karena terinspirasi oleh sebuah simbol kemegahan kapal samudera bermesin uap/diesel sebagai lompatan teknologi pelayaran samudera yang baru dikenal dunia ketika itu.

Pada tahun 1970 perusahaan tersebut melakukan modernisasi struktur manajemen sesuai dengan perkembangan perusahaan yang semakin besar.Pengelolaan perusahaan pun dilimpahkan kepada kalangan generasi muda yang memiliki kemampuan manajemen lebih baik dan dapat bekerja secara lebih professional. Perluasan jaringan menjadi program prioritas dalam pengembangan usaha perusahaan. Program tersebut membawa hasil berupa perluasan jaringan distribusi dan pemasaran hingga ke seluruh Jawa Timur.

Pada tahun 1980 PT Santos Jaya Abadi mendirikan pabrik baru di Kecamatan Sepanjang, Sidoarjo, Jatim yang dilengkapi dengan peralatan teknologi modern sehingga dapat memenuhi standard mutu dan hygiene yang menjadi syarat utama bagi konsumen.


2008121215


Dari pabrik baru tersebut kopi bubuk Kapal Api semakin memantapkan keberadaannya dalam memenuhi kebutuhan selera dan cita rasa Indonesia.

Dengan merek Kapal Api tersebutlah PT Santos Jaya Abadi terus melakukan penetrasi pasar secara nasional. Bahkan jenis produk pun terus didiversifikasi dengan menggunakan bahan dasar kopi bubuk yang dicampur dengan gula, susu, jahe ginseng dan lain-lain.

Perusahaan pun kini mulai mengupayakan penetrasi produk kopi bubuk Kapal Api ke pasar ekspor di mancanegara.

Dengan menggunakan merek terdaftar Kapal Api, PT Santos Jaya Abadi kini berhasil menjadi salah satu market leader industri kopi di Indonesia dengan menguasai pangsa pasar terbesar diantara perusahaan-perusahaan sejenis yang menjadi pesaingnya. Merek ‘Kapal Api’ sebagai komponen sebuah produk kopi bubuk mengemban peran yang sangat menentukan baik sebagai identitas produk maupun sebagai bentuk ungkapan rasa tanggung jawab dalam rangka perlindungan konsumen.

Atas keberhasilannya tersebut PT Santos Jaya Abadi dengan kopi bubuk merek ‘Kapal Api’-nya berhasil meraih penghargaan Merek Dagang Indonesia 2003 dari pemerintah.

PT Santos Jaya Abadi
Jl. Raya Gilang 159 Sidoarjo, Surabaya
Telp. 031-7882359

Sumber : Majalah KINA Edisi 5 2008